Keraton Yogyakarta

Letaknya di Ujung Selatan Jalan Malioboro (Klo jalan-jalan kesana pasti langsung tau)

Hmmmm Keraton Jogja yaa nie.. Hmmmm….

Gimana yaa.. Ini tempat tu mau aku datangin tp karena cuma denger kabar simpang siur, jadinya ga sempet n ga berani2 kesana soalnya judulnya aja “KERATON” kan seram tu klo kita salah masuk… hehehe.. =__=”

Setelah 3 Tahun di Jogja (September tahun 2010), Akhirnya karena saya menjadi salah satu LO di acara IESO (International Earth Science Olympiad) – klo mau tau apa tu IESO, bisa di cek di wikipedia yaaa – trus karena yang dibawa tu bule-bule jadi, tetep ada sesi jalan-jalannya dan salah satunya ke Keraton.. Alhamdulillah akhirnya kesampaian juga masuk keraton. hohoho..

Saya ga tau pastinya harga masuk keraton (mungkin sekitar Rp 5000,-) trus ada biaya ijin Bawa kamera Rp 1000,- (sama kayak monjali) dan tempat ini buka dari pagi sampai jam 16.00 WIB (kalau tidak berubah dan tidak salah).  Ada Guide yang memandu untuk menjelaskan tentang Keraton, tapi karena pesertanya banyak, jadi misah-misah ga karuan. hehehe.. 

Keraton_Jogja1

 (Ini Pintu Masuk ke Zona Keraton Yang dijadikan Objek Wisata)

Seingat saya, waktu itu guide bilang kalau yang kita kunjungi ini hanyalah bagian depan keraton (jadi bukan kediamannya sultan). Di bagian depan ini dibuat seperti museum untuk menyimpan benda-benda bersejarah dan sejarah Keraton plus Kemerdekaan RI. Tempatnya lumayan luas dan Asri, tapi karena saat itu siang hari, jadi agak panas. Ruangan yang menarik perhatian saya itu ada dua ruangan yaitu ruangan hadiah-hadiah dari seluruh dunia untuk keluarga sultan dan ruangan yang mengabadikan surat-surat yang ditulis keluarga sultan atau untuk keluarga. Syairnya Indah-indah dan Puitis banget (kalau anak sekarang nyebutnya –> Sepik banget) hehehe.. Kalau dilihat dari hadiah2 yang diterima Keraton, Saya baru percaya kalau sebenarnya Indonesia itu pernah Kuat di mata Dunia, tapi Entah gimana sekarang (ga ikut-ikut). ^^ Di Keraton ini juga dilestarikan baju tradisional, tarian tradisional, dan alat musik tradisional yang ternyata masih ada anak muda yang mempelajarinya lhooo di sana.. Saaluuuuttt ^^b

O,iya klo bicara Keraton, pasti ga lupa Bicara Taman Sari (tempat pemandian Putri), Malioboro, dan Beringin Kembar di Alun-Alun Kidul (Alkid). Tapi untuk bahas yang satu itu lain kali saja ya di Post yang berbeda karena tempatnya punya keunikan sendiri. Jadi, kalau digabung bisa buat novel ntr saya.. hahahaha.. LOL

Lanjut lagi masalah keraton. Saya udah browsing-browsing tentang keraton dan – lagi2 – di wikipedia udah jelasin keraton yogya dengan Detail bangett dan trus ada blog mepow yang jelasin juga secara singkat dan jelas. Silakan di klik dan di liat klo mau tau.. hehe.. Klo saya koppas kan ngelanggar orisinilitas blog saya ntr.. hahaha…

Keraton_Jogja2
(Saya dan Salah satu Pendamping dari India — Mereka bilang aku manisssss.. aaaaawww hahaha)

 

Selama tour saya bersama bule-bule itu di Keraton, ada satu hal unik yang saya inget mereka nanya ke saya,

“Sebenarnya Kota ini penulisannya yang benar yang mana ya? kok dari kita masuk keraton sampai kita keluar, semua tulisannya beda-beda ya (Ada Ngayogyakarta, Jogjakarta, Djogjakarta, Yogyakarta, Yogjakarta, Jogja)?”

Jeeelllleeebbb!! Saya aja ga pernah ambil pusing atau perhatian soal itu tapi mereka malah lebih jeli..

Setelah lama berpikir dan salah-salah jawabnya (ga konsisten), saya minta bantuan yg lebih tua buat jelasin, tapi ternyata kita sama-sam bingung. hahahahaha….

Tapi akhirnya saya jawab asal-asal nebak, “ooohhh yang benar tu Yogyakarta pak… mungkin (suara pelan banget)” hahahaha..

Setelah pulang dari sana, saya ikut-ikut pusing cari2 jawabannya dan sekarang udah yakin klo bakunya tu sebutannya Yogyakarta kan?! hehehehe.. Perjalanan menyusuri keraton sangat menyenangkan apalagi ditemani oleh orang yang menyenangkan juga. Jadi, ga ada salahnya mencoba masuk ke keraton ini yaa.. ^^

Salam,
Queen Bee (2010)

Leave a Reply

