Museum Benteng Vredeburg – DI Yogyakarta

Alamat: Jl. Jenderal A. Yani No. 6 Yogyakarta, 55122; No Tlp : 0274-586934 , 510996

Rada heran ga liat nama jalannya? Kalau yang tinggal di jogja atau seperti saya, mampir kuliah sebentar di jogja, Saya pikir benteng ini terletak di Jl Malioboro, ternyata walau satu jalan, tapi beda nama jalan. hehehe… Benteng ini terletak di utara Bank Indonesia-Monumen 1 maret 1949 dan di Selatan Malioboro.

Udah 4 Tahun sejak menginjakkan kaki untuk mampir di jogja, Seringnya malah nongkrong di depan benteng.hahaha.. Akhirnya bulan Maret tahun 2011 ini saya mampir masuk ke dalam benteng ini. Jalan-jalan ini merupakan rangkaian jalan-jalan ke bonbin yang di post sebelumnya. Tekad nya itu “Pokoknya harus bisa masuk Benteng sebelum Lulus” hehehehe…

Saya ga akan bahas atau nulis tentang sejarah tempat ini karena kalau mau baca, udah di sajiin lengkap di wikipedia. Lengkap selengkap2nya sampe2 nama gubernur VOC dulu juga ada. hehehe.. Jadi silakan baca wikipedia yaa klo mau tau sejarahnya. Saya bakal cerita tentang pengalaman ketempat ini aja yaa.. ^o^

Begitu masuk benteng ini, agak takut2 gimana gitu, karena sepi dan waktu itu terik banget mataharinya. Begitu sampai loket masuk, terkaget-kaget lagi karena harga tiket masuknya murah banget, cuma Rp 2.500,00. Begitu masuk benteng ini (bukan hari libur jadi ga rame) isinya cowok cewek lagi duduk-duduk dan anak sma baru pulang sekolah yang lagi pdkt kayaknya lagi duduk-duduk juga. Kalau saya liat, tempat ini lebih seperti Taman daripada museum.

Ada beberapa ruangan yang disajikan di museum ini, tapi berhubung ga ada guide, ga tau mau kemana, dan ruangannya terkesan tua dan angker, jadi cuma masuk beberapa ruangan. Ada ruangan informasi buat turis, ada ruangan audiovisual, ada ruangan tempat oleh-oleh sepertinya.

Ven_Deburg
(Me and sepeda Onthel.. Hehehe.. Tinggi banget ni sepeda.. ^^)

Yang paling berkesan dari benteng ini itu tamannya yang indah dan ada penyewaan sepeda onthel yang bisa disewa Rp 5.000,00 buat 30 menit-1 jam. Akhirnya saya menyewa sepeda dan putar2 benteng menggunakan sepeda. Ada beberapa spot tempat yang begitu indah dan dari atas benteng dapat terlihat jalanan yang rame dan tentu aja indah.. Bagus!! Karena panas yang menyengat saat itu, akhirnya diputuskan untuk foto-foto ditempat yang rindang dan lupa foto ruangannya (buru-buru sih) hehehe..

Kalau menurut saya, benteng ini indah dan bagus. Cocok buat bersantai, piknik, tau tentang VOC, dan Penjajahan yang dilakukan belanda. Kalau lanjut ke tempat yang saya datangi selanjutnya yaitu Monumen Jogja Kembali, bisa dilihat kalau benteng ini di gunakan untuk pertahanan belanda saat perang dan dilengkapi dengan banyak meriam. Pokoknya, Wisata budaya itu ga ada salahnya kok.. ^^

Nb: Ingat!! Slogan saya yaa.. “Mau kemana aja, asal hati bahagia dan bersama orang yang di sayang (keluarga, teman, suami, istri, atau pacar), Pasti akan menjadi lebih menyenangkan” Jadi, setiap orang bisa berbeda-beda perasaannya saat datang ke objek wisata.. ^^

Salam,
Queen Bee (2011)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s