Pembuatan SIM di Bontang, Kaltim

Haaii Redear…

Udah Lama nie saya ga Post-post. Soalnya lagi dalam tahap mudik lebaran kemaren yang Sangat Menyenangkan.. Hihihihi

Nah, Isi artikel ini berkaitan dengan alasan saya pulang ke Bontang. Tujuan saya mudik selain ketemu keluarga yaitu untuk memperpanjang SIM saya yang udah mati bulan Juni Lalu dan membuat saya selalu deg degan kalau pakai motor (alhasil, jadi malas keluar). hahaha..

Saat ingin memperpanjang SIM, ada yang bilang kalau “SIM udah mati dan baru mau diperpanjang, maka harus tes tertulis dan praktek lagi” <– Waadduuueewww (tepok jidat). Yang berkata tentang hal itu bukan hanya satu orang tapi lebih. Jadi, dengan beribu doa (lebay) saya datang ke kantor polisi buat mengurus SIM tersebut sendiri (Ga pake Calo).Β Tapi, Ternyata karena muka saya yg melas atau karena bapak Polisinya baik, ternyata saya tidak harus ujian lagi dan Langsung foto SIM aja (alasan saya, krn kan kuliahnya Jauh jadi pas mati atau dkt sebelum SIMnya mati kan ga bisa pulang ke Bontang, Kan mahal pak.. T__T) hehehe..

Lokasi pembuatan SIM nya di Polres Bontang. Kemaren niatnya pengen coba-coba ngerasain ngurus SIM sendiri gimana sih dan ternyata emang agak jelimet.Β Jadi, di sini saya mau kasih jadwal dan trik-trik nya biar ga pulang balik ngurus SIM nya. ^_^b

Syarat-Syarat (Berkas):
SIM Baru;
– Surat Kesehatan
– KTP Asli
– Akte Kelahiran / Ijazah Terakhir (Buat Pelajar) <– Karena banyak penipuan Umur katanya..

SIM Perpanjangan;
– Surat Kesehatan
– KTP Asli
– SIM lama

SIM Peningkatan (A umum – B umum);
– Surat Keterangan Psikologi
– Surat Kesehatan
– KTP Asli
– SIM Lama

Plus, walau ga ditulis di syarat2 yang di tempel, tapi kita perlu menyediakan foto ukuran 3×4 minimal 3 lembar lhoo..

Jadwal Pelayanan:
– Senin s/d Kamis : 08.00 – 14.30
– Jumat : 08.00 – 15.00
– Sabtu : 08.00 – 12.00

Yang buat kita malas itu adalah saat Sampai disana ternyata rame dan kita cuma nunggu antrian sampai loket tutup istirahat dan harus balik lagi buat nunggu pada jam 13.00. Nah, Kalau saran saya, datang jam 8.00 aja biar ga harus bolak-balik.

Walau tidak dicantumkan ditempat pembuatan SIM, tapi jadwal istirahatnya yaitu:
– Senin s/d Kamis : 12.00-13.00
– Jumat : 11.30 – 13.00
(Loket pembayaran Sudah tutup 30 menit lebih awal untuk meminimalisir kelebihan orang yang dilayani saat jam istirahat – menurut saya)
Kalau saat Puasa jam istirahatnya berubah jadi jam 11.00-13.30 sehingga sebaiknya kesana jam 8 pagi saja. Ini berdasarkan pengalaman saya yang memperpanjang saat bulan puasa (sekalian mudik). hehe..

Alur Pembuatan SIM dan Mekanisme Penerbitannya dapat di lihat pada Gambar di bawah ini.

Saya diliatin ni pas Foto ni Alur.. hahahaha.. Semoga Bermanfaat.. ^^

Biaya Pembuatan SIM berubah-ubah sepertinya, tapi seingat saya:
– SIM C : Baru 100rb, Perpanjang 75rb; SIM A: Baru 125rb, Perpanjang 100rb
– Surat Kesehatan : 15.000
– Map dan Fotokopi : 2.000 <– Di Polres udah ada yg jual map dan foto kopi, jadi ga usah bingung

Jadi, kalau urus sendiri pasti jadi lebih murah kan?Β Nah, untuk itu, yuk mulai urus semua sendiri dan tanpa Calo. Asal tau syarat dan Jam pelayanannya tidak akan Susah + Ribet kok membuat SIM itu. ^^

Ssssttt, semua peralatannya udah modern n sidik jari juga pake komputerisasi. hihihihi…

Begini Laah Perjalanan saya untuk memperpanjang SIM C dalam Satu hari, Walau SIM nya baru bisa saya terima 10 hari kemudian, tapi tidak apa-apa, karena ternyata setiap bulannya permintaan SIM di Bontang saja ada 1000 lebih, apalagi di kota Besar yaa.. Jadi, Harap maklum saja yaa.. ^^

Salam,
Queen Bee

8 thoughts on “Pembuatan SIM di Bontang, Kaltim

  1. ibenix says:

    setahu saya sim maksimal 1 tahun telat masih bisa di perpanjang tanpa tes, lebih dari itu di berlakukan prosedur seperti pemohon sim baru. CMIIW

    • Tamia says:

      Salam..
      Kalau KTP bukan KTP bontang, setahu saya dulu ga bisa..
      Kecuali punya KTP sementara bontang, sebagai pendatang..
      Seperti saat saya kuliah di Jogja dulu..

      Tapi, saya jg kurang tau bagaimana mekanismenya kalau pakai e-KTP yg baru ini..
      Karena di klaim untuk seIndonesia.. semoga Buat SIM jg lebih mudah.. ^_^

      *Maap lama membalasnya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s