Pembuatan Pasport di DI Yogyakarta

Sebenarnya ini lanjutan pembuatan pasport saat di Kaltim dulu. Waktu itu tidak jadi selesai pembuatannya karena pemberitahuan dan pengecekan yang berbelit-belit sehingga saya yang harus menempuh jarak 6 jam (pp) untuk membuat pasport menjadi harus PP dalam satu minggu bisa 2x.. Akhirnya udah 3 kali PP dan saya sangat jenuh dan capek karena tidak ada progres, selain itu saya juga harus segera pulang ke jogja. *Yaahh, mungkin kalau di kantor sana sangat sibuk sekali sehingga antrian sangat panjang dan melelahkan buat pegawainya.. Semangat ya pak.. ^^

Akhirnya setelah sekian lama ga ada waktu buat ke kantor imigrasi, baru tanggal 5 April 2011 saya pergi ke sana buat pasport. Kantor Imigrasinya terletak di Jl Solo Km 10. Kalau dari jogja, sebelumnya bandara adi sucipto dan di dpnnya pom bensin yg ada dunkin donut nya atau kalau orang jogja bilang, “di Sebelah baratnya timbangan truk mbak” hehehe.. Saat itu saya keterusan sampai kantor bea cukai dan baru tanya sama bapak2 disana.. ^o^

Biaya nya cukup murah, yaitu:
– Formulir Rp 5.000,- (mungkin berbeda di tiap kota) <– (Update Nov/11) Waktu kakak saya membuat sudah tdk dimintai Biaya Formulir ^^
– Pembayaran pasport Rp 260.000,- dengan rincian –> Biaya pembuatan Rp 255.000,- dan biaya cover pasport Rp 5.000,- <– (Update Nov/11) Kk saya pun tidak disuruh beli cover, Jd lebih optional

Persyaratan (asli dan kopi):
– KTP
– Kartu keluarga
– Akte kelahiran / Ijasah / Surat Nikah
– Surat keterangan dari universitas (bagi mahasiswa) / dari instansi /perusahaan (bagi karyawan) atau dari Orangtua bagi yang tidak kuliah, sekolah ataupun bekerja.. *surat ini wajib dibuat bagi siapa saja dan berumur berapa saja..

Jalur Prosesnya:
– Isi formulir Pendaftaran yang kita beli
– Ambil nomer antrian buat ke loket nyerahin dokumen kopian + formulir
– Dokumen di periksa saat itu juga dan diberitahu kekurangannya apa saja + diberi nota tanda terima dokumen dan tanggal pemohon harus datang untuk mengikuti proses foto, wawancara, dan sidik jari
– Saya menyerahkan hari selasa dan hari kamis sudah dipanggil untuk foto, wawancara, dan sidik jari (tapi saya datangnya jumat karena kamis full kuliah)
– Hari jumat itu saya bawa semua dokumen asli dan dokumen yang kurang
– Ambil nomer antrian lagi untuk menyerahkan dokumen + nota tanda terima
– Dipanggil untuk pembayaran, trus menunggu duduk manis di kursi yang telah disediakan
– Dipanggil lagi untuk foto dan sidik jari (alat sidik jarinya kayak scanner, bener-bener terlihat canggih hehehe).. trus duduk manis lagi
– Dipanggil lagi untuk wawancara yang isinya menanyakan tujuan buat pasport, dll
– Pergi ke loket 6 buat menanyakan kapan Pasport bisa diambil (saya diminta datang hari Rabu buat ambil pasport)
– Pasport langsung bisa dikantongi dan bisa pergi keluar negeri.. hehehehehe.. ^o^b

Di tempat ini sangat sistematis dan teratur. Para pemohon sangat tenang dan mudah. Syarat-syarat yang kurang bisa dilengkapi saat wawancara, jadi tidak 2-3 kali bolak balik untuk datang melengkapi dan wawancara. Saya cukup puas dengan pelayanannya. Saya pikir akan ribet ternyata tidak. hehehe..

Jadi, Saya Biaya yang saya keluarkan untuk membuat pasport ini hanya Rp 265.000,- dan dalam waktu 1 minggu (7 hari saja). Nah, gampang dan cepat kan?? Maka dari itu, Ayo segera buat pasport dan berkas-berkas lainnya sendiri.. Say no to Calo!! hehehe..

Hhhmmm, keingat sesuatu yg menarik di kantor imigrasi DIY, yaitu ada tulisan klo ga salah, Memberi suap pada pegawai untuk dimudahkan birokrasinya, sama saja ANDA membantu proses Korupsi di Indonesia ini” hehehe.. Bener juga ya tu slogan.. Nah, ayo mulai dari diri sendiri kita perbaiki birokrasi bangsa ini.. Semangat!! ^o^b

41 thoughts on “Pembuatan Pasport di DI Yogyakarta

    • Tamia Triandini says:

      Haloo Nita..

      Surat Keterangan Orang tua itu ga ada formatnya, tapi setau saya isinya mengenai “Orang tua mengetahui dan menyetujui nita untuk buat pasport”
      Terima Kasih kembali.. ^^
      By: Queen-Bee

    • Tamia Triandini says:

      KK asli itu diperlukan saat wawancara dan foto,..
      KK itu syarat mutlak di setiap imigrasi. Jadi, sebaiknya di minta di kirim aja ke tempatmu.
      Baru deh bisa buat Pasport nya..
      Semoga membantu

      By: Queen-Bee

  1. silvester_ungu says:

    jeng… mau tanya nie… apakah bener… bagi pegawai harus punya npwp untuk bisa punya paspor… gawat deh… aku gak pernah buat npwp e… hehehe… tapi .. n apakah untu kategori pegawai tetap harus ada surat ijin orang tua juga… thangyu jeng…

    • Tamia Triandini says:

      NPWP setau saya untuk bebas Piskal semacam klo mau urus visa ke negara2 tertentu bisa dapat potongan.
      Tapi kalau mau buat pasport tidak perlu..
      Klo sudah pegawai, tidak perlu ijin ortu, tapi surat keterangan dari Tempatnya kerja (Syarat ini cuma untuk yang buat di Jogja)
      Kembali Kasih jeng.. ^^

      By: Queen-Bee

    • Nita says:

      hay Tamia, pagi tadi (rabu) aku uda daftar bikin paspor di imigrasi jogja n besok pagi uda disuruh balik utk foto + wawancara…ga nyangka, cepet banget. N karena aku wiraswasta, jd tdk disuruh bikin surat rekomendasi dr perusahaan ataupun ortu. aku lihat biaya pembuatannya jg murah ya 255rb + 10rb (map n cover paspor). Jadi ga perlu ke agen travel yg pasang hrg antr 500-1jt. ^.^

      Makasih sblmnya buat info dr tamia yah..jd ga kesasar nyari kantornya.

      Btw tamia, uda jalan2 kemn aja?

  2. ditha says:

    hay…mau tanya…klo buat paspor di jogja tapi KTP’a tdk berdomisili di Jogja bisa g sih…thx infonya….^__^

    • Tamia Triandini says:

      Hai hai.. Maaf yaa baru balas..
      Bisa kok.. Ktp mana aja bisa buat di kota mana aja..
      Kemarin KTP sy juga ktp Kaltim, tp bisa buat di Jogja.. ^_^
      Kalau ada yg bilang ga boleh, jangan di percaya yaa..๐Ÿ˜€

      By: Queen-Bee

    • Tamia Triandini says:

      Hai Anda (bener ga ya) ^_^
      Kalau saat saya mau buat di Samarinda atau Di Jogja, smw mengarahkan pakai yang 48 halaman.
      Saya lupa persisnya apa yang dikatakan oleh penjaganya, tapi 24 Hal itu di pakai TKI dan saya pikir alasannya masuk akal.
      cover 24 Halaman pun akan berbeda dg 48 hal yaitu warna coklat.
      Jadi, mungkin untuk lebih memudahkan saat imigrasi (entah perlakuan atau penanganan di negara tempat tujuan)

      Saya juga udh baca link yg teteh kasih dan memang ya karena mahasiswa inginnya yg murah. hehe..
      Saya juga tidak begitu mengerti ttg hukum, tp saya rasa harganya sudh masuk akal.. ^^
      Kalau di jogja, pasti juga disuruh untuk membuat yg 48 hal sptnya.
      Kalau mau buat yg 24 hal sih bisa, tp nanti isi berkas nya yg TKI ada macam2 isian ^_^

      Kmren saat saya hanya ke Cina saja, sudah di stampel 4 hal, hehe..
      Semoga membantu kebingungannya teh..

      By: Queen-Bee

      • aandaku says:

        wah makasih teh quick responnya. kebetulan tadi abis ngobrol sama teman kantor, kantor imigrasi juga ada di Cilacap (asal saya). jadi sepertinya mau bikin di Cilacap, paling yang 48 hal juga bikinnya. kapan2 pengen backpacker an ke singapore bablas thailand๐Ÿ˜€. nick saya uda jelas teh, bukan teteh teteh๐Ÿ˜€

    • Tamia Triandini says:

      Hai chitya..
      Makasih kembali.. ^_^
      NPWP itu gunanya untuk mempermurah atau menggratiskan visa,
      Jadi klo jalan2 ke Negara yg ga perlu Visa, ga ush buat Npwp jg gpp๐Ÿ˜€

      Kalau ke Asia Tenggara, ga perlu urus Visa.
      Kalau ke Asia lain (spt HK, Jp, Korea, India, dsb) pakai Visa, tapi Lebih murah dari pada Visa ke Eropa atau Amerika
      Pembuatan visa ke asia juga lbh mudah.. Bahkan ada beberapa negara yg menggratiskan dg kondisi tertentu..
      Kalau ke Eropa/Amerika pakai wawancara dan aturan lainnya, bahkan bisa sampai jutaan.. ^_^

      Semoga Membantu,
      By: Queen-Bee
      http://www.boss-girl.com

      • lia says:

        mba mia, ak mau ke korea, gimana ya cara ngurusnya, blm pnh kesana sblmnya,susah ga ya ngurus pasport dan visanya?

      • Tamia Triandini says:

        Hai Lia..
        Pertama-tama urus Passport dulu (urus sendiri aja klo ga keburu ^^)..
        setelah passport jadi bisa urus visa ke kedutaannya langsung atau lewat travel agent..
        Biayanya ga mahal juga kok buat visanya, kalau ga salah ga sampai 1jt..๐Ÿ˜€

        By: Queen-Bee
        http://www.boss-girl.com

  3. sulthan says:

    Halo kakak, kak saya kan mau bwt passport ke london, tp saya masih di bawah umur, pergi nya sendiri ga sama ortu, gimana tu buat nya๐Ÿ˜€ thx previously๐Ÿ˜€

    • Tamia Triandini says:

      Hai Sulthan,
      Bisa tetap buat passportnya, tapi harus ibunya juga buat passport,
      Atau kalau udah buat ibunya, dibawa aja pasport ibunya plus surat pernyataan..
      Nanti nama passportnya itu passport bawaan spt itu..
      Yang agak ribet mgkn nanti ngurus visanya, tp kalau udh sama travel/kuliah mgkn lebih mudah ^_^
      -Semoga Membantu-

      By: Queen-Bee

  4. sulthan says:

    Kakak cantik,
    Tapi aku tetep bisa pergi walau tanpa ortu kan? Hehe:) soal nya aku tinggal di jogja sama kakek & nenek boleh di wakilin ga?๐Ÿ˜€ x

    • Tamia Triandini says:

      Hai Hai
      Perginya biasanya ada yg tanggung jawab kan ya, ntr buat visanya bareng yg tgg jawab bisa kok๐Ÿ˜€
      Kalau tinggal sama nenek, bisa dianggap sebagai wali juga itu, ntr minta surat persetujuan wali biasanya atau klo sekolah, berarti minta surat keterangan dari sekolah…
      Udh ke imigrasi? Bisa ga? ^_^
      Share yaaa ntr gmn buat pasportnya๐Ÿ˜€

      By: Queen-bee

  5. arwankhoiruddin says:

    KBRI Kuala Lumpur dikenal sebagai KBRI tersibuk d dunia, tapi dulu waktu ngurus paspor cuma sehari jadi. Jam 9 dateng trus ngisi formulir (gratis, trmasuk fotokopi dokumen juga gratis), trus dipanggil foto trus sorenya jam 3 langsung diambil paspornya. Cepet banget, kan cuma butuh ngetik nama dsb yg g sampe berlermbar2. Cuma bbrapa baris saja mosok sampai seminggu? Hahahaha…

    • Tamia says:

      Hehehehe mgkn begitu di KBRI KL,
      tpi klo dipikir2, beberapa baris trus di kali byk nya org yg dtg tiap harinya, bs2 numpuk sehari ga selesai semua.. hehehe..
      Tapi bagus klo di KBRI KL bs lebih baik dr yg disini.. ^_^

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s