SPF Pada Kosmetik

SPF… Apakah Itu??

Kita sering melihat tulisan itu pada kosmetik atau produk perawatan kulit yang menawarkan pencerahan kulit hingga maksimal. Tapi, apa pada tau sebenarnya SPF itu? Saya akan sedikit menjelaskan tentang SPF dan selanjutnya akan ketahuan kenapa produk pencerahan yang kita pakai tidak mempan ke kulit kita atau tidak bereaksi apa-apa.. ^o^

Sebelum menjelaskan tentang SPF, kita harus mengetahui sebenarnya penyebab kulit menjadi agak gelap (lebih eksotis ^_^) setelah terkena sinar matahari. Dalam lapisan kulit kita terdapat sel yang memproduksi melanin jika terkena sinar matahari yang masuk ke tubuh. Melanin itu membuat kulit menjadi lebih eksotis. Nah, berarti… Jika ingin mencerahkan kulit, kita harus menangkal matahari agar tidak masuk ke kulit dan memperlambat produksi melanin.

SPF itu kepanjangan Sun Protection Factor dan penjelasan panjang lebarnya bisa di klik disini SPF – Wikipedia. Tapi secara sederhananya, SPF itu merupakan faktor ketahanan kulit terhadap sinar matahari yang masuk. Rata-rata ketahanan kulit orang Indonesia yang agak eksotis lebih lama dibanding yang putih. Nah, SPF itu berguna untuk menambah panjang waktu ketahanan tersebut.

Bagaimana Cara mengetahui Ketahanan kulit terhadap Matahari?
Caranya Mudah. Cukup keluar ruangan dan berdiam di bawah sinar matahari hingga kulit terasa agak terbakar dan merah. Hitung waktu yang diperlukan anda untuk bertahan yang merupakan waktu ketahanan kulit anda.

Hhhhmm, Terus SPF itu gmn ya ngehitungnya?
Hitungan SPF itu cukup di kalikan. Misalnya ketahanan tubuh saya 10 menit dan Saya memakai SPF 15, berarti kulit saya akan tahan untuk 150 menit dan setelah itu harus ditambah SPF lagi.

Apakah Merepotkan?
Hmmm, Kalau tidak ingin repot, cukup pakai sekali sebelum pergi pagi-pagi, pakai sekali 10-15 menit sebelum makan siang, dan Malam hari menggunakan krim malam. ^o^b
Tidak Repot kan..

Nah, Masalah lain muncul lagi, yaitu pengguna SPF umumnya akan ketambahan masalah jerawat.
Hal itu lumrah terjadi, karena Kandungan SPF dalam kosmetik hanya bisa larut dalam minyak. Jadi, produk SPF akan menambah kelebihan minyak diwajah dan menimbulkan jerawat. Maka dari itu, bagi pengguna produk SPF yang sedang berusaha mengobati jerawatnya, saya sarankan TIDAK memakai produk SPF dan menyelesaikan perawatan jerawat hingga tuntas baru mulai dengan SPF. Tapi perlu diingat bahwa karena sudah ada riwayat jerawat, maka pemakaian SPF harus tipis-tipis dan SPF yang rendah saja agar lebih baik. TAPI lagi, kadang ada yang maksa banget pengen cepet putih dan hilang jerawat, sebaiknya jangan buru-buru karena sesuatu yang instan itu tidak bertahan lama. Sebenarnya bisa menggunakan SPF dengan sangat Tipis dan harus ingat untuk tetap membersihkan wajah. ^_^

O,iya satu lagi….
Terkadang didalam kosmetik terdapat kandungan OTT (obat tidak tercampur). Jadi, apabila ingin menggunakan suatu perawatan, sebaiknya gunakan yang satu brand.

JADI, bagi yang belum berhasil mencerahkan wajah, harus di lihat apakan kita disiplin dalam pemakaian atau tidak dan jangan langsung menyalahkan produknya.. ^o^b

Nb : Saya ingin menawarkan produk bagus yang telah saya coba yaitu ORIFLAME OPTIMAL WHITE. Saya sudah menggunakan ini dalam 1 minggu dan kegelisahan saya akan wajah yang kusam mulai hilang. Selain itu produk pencerahan juga bisa memakai ORIFLAME Fairness (yang lotion untuk kulit berminyak dan cream untuk kulit kering).

Dalam ORIFLAME tidak terdapat OTT, tapi karena kita tidak mengetahui kandungan kosmetik lain sebaiknya produk ORIFLAME dicampur penggunaannya dengan sesama produk oriflame saja.

http://www.bossluarbiasa.com/?id=tamiatriandini

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s