Soto Kudus di Yogyakarta

Hmmm, sekarang Giliran Soto…
Seperti di tulisan saya sebelum-sebelumnya, soto merupakan makanan favorit saya. Bahkan, saya bisa makan soto selama 3 hari berturut-turut. Hahahaha… Soto Addicted ^o^
Nah, soto kudus itu baru pertama kali saya dengar saat saya di jogja, jadi saya juga belum pernah membuatnya. Karena belum pernah membuat, saya berkeliling jogja buat merasakan soto kudus yang terenak. (Menurut Versi saya tentunya) Soto kudus itu khas dengan rasa bawang putih yg mengena, kaldu yg kental dan porsi yang minim.. >_<
Saya udah keliling ke beberapa tempat yg menjual soto kudus, tapi yang saya ulas hanya beberapa tempat yg masuk ke hati. ^^

Soto Kudus Pak Dewo
Soto Kudus ini terletak di selatan mirota kampus ugm, buka dari pagi hingga malam. Soto kudus yang di sajikan seperti penyajian yang biasanya. Tersaji dalam mangkok kecil, berisi macam2, dan kuah yang kental. Soto nya sebenarnya enak, tp hambar menurut saya. Saya kurang merasa adanya rempah yang ‘gereget’. Mungkin ada sedikit kurang ketumbar dan garam. Tapi, buat yg ga suka asin, atau yg mau diet garam, bagus juga makan disini.. ^^

Soto Kudus ‘Depan StockWel’
Soto kudus ini terletak di depan stockwel / di depan UIN. Warung soto ini dijual dengan tenda pinggir jalan dan buka mulai sore hingga malam. Kalau dilihat, soto ini ramai pengunjung dan kadang antri karena rasa yg di berikan soto ini sangat terasa rempah-rempahnya jadi ada ‘greget’ nya. Saya suka rasa asin dan rempah yang jadi satu membuat jadi nikmat serta dilengkapi berbagai sate, kerupuk yang membuat makan jadi tambah semangat. Tempat ini rekomendasi buat orang yang suka soto kudus dg suasana ramai dan enak.. ^^

Soto Kudus ‘Menara Kudus’
soto kudus ini bertempat seperti rumah makan dan tersebar di beberapa tempat di jogja ini. Tempatnya ada yang di Utara PLN, Godean, Bantul, dan utara terminal Concat dan buka dari pagi hingga sore. Saya sering makan di tempat ini (terminal concat) setelah olahraga pagi. Saya diajak kesini dengan saran dari Kk mika, tapi ternyata membuat saya jatuh hati. Rasa kaldu yg pas, lebih segar dan nikmat dibanding soto kudus lainnya. Ayam yang disajikan pun ayam kampung, tapi sepertinya kalau ayamnya lebih di lemah kan lagi akan menambah lezat soto kudus ini. Walau pun begitu, tetap saja soto kudus ini menjadi favorit saya.. ^_^

Nah, udah keliatan kan pilihan saya jatuh kemana.. hehe.. Saya lebih memilih makan di menara kudus. Kapan-kapan saya akan membawa bee kesana ah.. ^^ Tapi, bee kalau makan soto kudus, pasti ga puas kalau cuma 1 mangkok. hahahahahahaha…

Nb: Tulisan ini saya buat dengan subjektifitas pribadi. Tidak ada maksud menjelek-jelekan satu tempat makan. Karena setiap orang memiliki kesenangan sendiri. Sekarang tergantung kalian mau makan dimana.. hehehe.. Ayo coba semua warung makan.. ^o^b

13 thoughts on “Soto Kudus di Yogyakarta

  1. didit febrianto says:

    Udah pernah nyobain SOTO KUDUS CAP DJEMPOL blm yg d Jl.Solo??
    Tu punya Budhe ku lho..
    Klo kataku sih rasany lumayan,,kmren aj abiz 2 mangkok..heheheπŸ˜€

    Selamat mencoba..:)

    • Tamia Triandini says:

      Wooww referensi baru.. Makasih yaa.. ^^
      ntr aku coba in deh.. Jl Solo yg sebelah mana??
      hehehe.. setelah makan disna, ntr aku komentarin.. hehehehe…
      Tapi subjektifitas ku sendiri lhoo.. ^o^

      • Mac Rooof says:

        NEK MAU MAU TAU YANG KUDUSSER ORIGINAL ,coba soto kerbau PAK DI. lokasi
        di dalam Pasar Kliwon Kudus. Sotoyang Kudus asli ya Soto Kerbau. Bukan Ayam.
        Specialist Kudus kan emang Kerbau.
        SOTO Pak DI favorit saya. 16 tahun saya di Surabaya, kalau mudik pasti sempatin mampir ke pasar Kliwon.kalaubelum makan soto kerbau pai Di, Gueloooo gitu.
        Coba deh

  2. wong kudus says:

    kalau pengen yang asli ya di kudus langsung, ada soto pak ramidjan, pak denuh, pak bagong, bu djatmi… he he he… kalau soto maniak macam mbak ini pasti nggak mau ninggal kota saya

    • Tamia Triandini says:

      Hehehehe.. Makasih ya infonya..
      Beberapa waktu lalu pernah ke kudus, tp karena sebentar, cuma nyoba beberapa warung soto..
      Lupa namanya apa, tp emang asik klo kuliner kemana2.. ntr saya mau coba yg kk bilang.. ^^

  3. Fata Firdaus says:

    Saya dan keluarga ( anak & isteri ) pada hari senin 4 Juni 2011 kemarin baru saja makan di Warung Soto Pak Dewo. Pada mulanya nggak sengaja, habis belanja di Mirota merasa lapar terus cari makan, eh nggak tahunya di sebelah selatan Mirota ada Soto berlabel “Soto Kudus”. Wah boleh dicoba nih…maklum aku dan keluarga juga penggemar berat Soto. Ya baru kali ini saya merasakan Soto Kudus…komentar saya…rasanya khas, kuah kental, bawang putih goreng dan mangkok yang kecil. Saya yang asli Wonogiri biasanya makan soto dengan nuansa bawang merah goreng…lha ini bawang putih goreng….Pokoknya “mak nyus”.

    • Tamia Triandini says:

      Waah, terima kasih yaa reviewnya.. ^^
      Kalau setau saya, soto kudus memang disajikan dengan bawang putih goreng sebagai ciri khasnya. Sotonya juga dibuat dengan agak banyak bawang putih dan kuah yang kental. Kuahnya kental kadang divariasi oleh beberpa orang dengan menggunakan kacang yg dihaluskan.. ^o^

  4. uiludina says:

    hmmm… soto kudus di jalan solo ada lagi loo…
    soto kudus djempol…
    rempahnya berasa banget, tapi kuahnya ringan, jadi kesannya segerrrrr
    ayamnya juga kampung…
    nah disana bagusnya lagi ada minuman Ndesoo kaya wedang uwuh dll…
    trs ada minuman kawista yang sulittt banget cari sirupnya di jogja…
    beneran djempol deh..

  5. uiludina says:

    di timur bandara kalo dari kota jogjanya, dari bandara 300m ke timur kiri jalan. ntr ada tusisan gedenya dehhh….
    gak bakal kecewa deh rasa n harganyaaa….

  6. cuap schnalker says:

    soto Kudus “Menara” yang di arah Jalan Godean dah tutup sekarang, dulu sering beli sana karena arah jalannya sama dengan arah pulang kantor.

    Yang masih buka soto Kudus sebelahnya tapi bukan “Menara Kudus”, itu yang jualan ibu2 sama 2 orang yang bantuin, tempatnya sedikit sempit pake kursi bambu yang kadang banyak debunya karena pembantunya males bersihin.

    Rasanya sih lumayan, not too shabby, nasinya lumayan banyak dari soto kudus biasanya. Ada bumbu rempah khas soto kudus yang terasa, dan kuahnya gurih asin.

    cuman ya itu, tempatnya kurang well touched, sayang ,,,,, kalo gw punya warung makan kayak gitu udah tak rombak abis…

    ..enaknya bisnis apa ya…??

    • Tamia Triandini says:

      Iya, tutup tapi ada keterangannya kalau pindah di depan jalan masuk ke terminal Jombor..
      Aku udh pernah liat, lumayan crowded dan kalau ga salah di sebelah indomaret..

      Itu yang ibu2 itu di Godean juga yaa??
      Waahh patut di cobain tu. Makasih infonyaa ^o^

      Bisnis apa? hhhmmm bisnis sesuai hobi aja pasti cepat berhasilπŸ˜€

      By: Queen-Bee
      http://www.boss-girl.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s