Kepiting Asam Manis

Kepiting merupakan seafood yang paling aq sukai.. Di jogja, harganya lumayan mahal, jd saat liburan ke Bontang kemaren aq sempatkan beli sebagai oleh2 buat teman-teman karena ga sempat beli oleh2 lain (dikejar waktu yg cuma 1 minggu).

Hal yang lumayan membingungkan dalam membawa kepiting ini yaitu, kekhawatiran akan busuk, bocor, atau berbau karena ketiga hal tersebut dapat membuat kepiting ga enak dimakan serta baju yg kita bawa menjadi sangat bau dan ga bisa hilang (pernah kejadian). Nah, jadi saya memikirkan segala kemungkinannya. Kepiting saya beli cuma beberapa jam sblm terbang, direbus dan di bersihkan kemudian di taruh di kulkas bawah (tempat sayur) sebentar untuk menghilangkan air dalam kepiting. Setelah itu kepiting dibungkus 2 kali menggunakan plastik yg agak tebal. Saat membawa di penerbangan, usahakan jangan dimasukkan dalam bagasi, karena panas bagasi dapat membuat proses pembusukan dan air kepiting menjadi sangat cepat.

Kepiting ini harus segera dimasak, jika ingin mempertahankan rasa kepiting segarnya. Akhirnya hari Kamis 10 feb 2011, saya menyempatkan diri membuat kepiting ini dan membagikannya kebeberapa teman saya yg bisa datang. ^o^b

Bahan-Bahan:
– 8 buah kepiting, rebus terlebih dahulu
– 1 buah bawang bombay, iris-iris
– 6 buah daun bawang, iris besar2
– 6 cm lengkuas (dikira2 aja), Memarkan
– 5 lembar daun jeruk
– 3 batang serai, memarkan
– 2 sdm kecap ikan
– 1 liter air
– 2 sdt tepung kanji (dilarutkan dengan sedikit air tersendiri)
– Saos Tomat secukupnya
– 1 buah jeruk nipis (ambil airnya)
– 12 buah bawang merah
– 2 buah lombok kecil
– 2 sdt garam
– 1 sdt gula
– 1 sdt penyedap rasa
– 1 sdt merica

Cara Memasak:
– Haluskan bawang merah, lombok, dan garam. Tumis sampai harum
– Masukan serai, lengkuas, daun jeruk, dan kecap ikan. Aduk sampai agak layu, kemudian masukan daun bawang dan bawang bombay, tumis hingga layu
– Kecilkan api, Masukan Kepiting dan aduk-aduk hingga bumbu merata. Kemudian masukan air, air kanji, dan air jeruk masak hingga mendidih
– Tambahkan gula, penyedap rasa, merica dan tomat. Aduk-aduk hingga agak mengental dan bumbu meresap sempurna. Angkat dan Sajikan.

Kepiting asam manis ini sebenarnya mau saya buat agak pedas, tapi ternyata menurut teman-teman saya sama sekali tidak pedas. hehehehe… Walau begitu, saya puas karena ternyata rasanya enak kata teman-teman saya. ^_^ Makasih ya udah mau cicipin buatanku.

Tips: Tambahkan irisan nanas jika ada nanas sedikit saja untuk menambahkan rasa asamnya. Pemakaian penyedap rasa dan merica dapat dihilangkan sesuai selera. Daun jeruk yang digunakan sebaiknya sudah dipisahkan dari jantung nya. Sebelum memasaknya, sebaiknya capit kepiting agak dimemarkan agar mudah memakannya.

Selamat Mencoba!! >_<“

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s