Diet Ala Mia

Awal masuk kuliah beratku cuma 54kg (agustus 2007) dan seiring berjalannya waktu karena seringnya bergadang dan sibuk kuliah, dan jarangnya olahraga, entah sejak kapan berat badan saya berada diangka 68kg (Akhir 2009).

Ada yang bilang bahwa orang gendut itu tidak merasa dirinya gendut dan terus menambah berat badannya secara tidak sadar. Saya rasa itu benar, karena semasa saya gendut dulu, saya selalu merasa bahwa saya tidak gendut dan selalu merasa bahwa timbangan yang salah hitung.

Hingga akhirnya banyak orang yg menilai penampilan saya buruk. Orang tua saya terutama merasa bahwa saya sangat tidak enak dipandang (bukan dalam artian jelek sih) dan beberapa teman serta saudara yang selalu mengejek saya. Akhirnya pada akhir tahun 2009, saya mulai mencari-cari cara untuk menjadi lebih kurus. Saya browse di internet dan saat putus asa, saya sempat berencana menggunakan obat, tapi saya takut dan tidak berani akhirnya tidak jadi. Saya mulai belajar tentang gizi dan cara olahraga yang benar.

Saya mulai olahraga dan diet kalori selama bulan januari 2010 tapi tidak merubah keadaan. Saya sempat frustasi dan hampir menyerah, tapi saat celana pemberian bapak saya yang sudah tidak muat bahkan robek dan baju-baju manis yang tidak akan pernah saya bisa pakai, akhirnya saya kembali bangkit. Saya tidak lagi memikirkan perubahan yg terjadi, saya hanya berharap apa yang saya lakukan suatu saat akan berhasil. Dengan pemikiran itu, saya tidak pernah lagi merasa frustasi dan ternyata frustasi yang saya alami berasal dari terlalu seringnya saya menimbang berat badan (harusnya minimal 1 minggu sekali).

Saya berhasil menurunkan berat badan saya dari 68kg hingga 58 kg dalam waktu 5 bulan. Memang sih terlihat begitu lama, tapi hasil yang didapat mampu membuat saya menangis T__T. Saya tidak pernah merasa saya kurusan, tapi saat semua orang mengomentari badan saya yg berkurus dan orang tua saya yang senang melihat badan saya, baru saya merasa kalau saya memang kurusan dan penghargaan itu lebih menyenangkan dari apapun…

Beberapa hal yang ingin saya bagi:
– Olahraga baiknya dilakukan minimal 3 hari dalam 1 minggu
– Protein baik bagi tubuh, tapi tidak baik jika kebanyakan (maksimal 1 butir telur setiap harinya)
– Susu tidak membuat kalian gendut tapi membantu kalian memakan makanan yang berlemak (karena susu lebih mengenyangkan)
– Jangan memakai baju yang terlalu longgar karena baju itu bisa membuat kita tidak sadar kalau badan kita tambah gendut
– Kurangi mengemil saat santai
– Perbanyak minat makan buah dan sayur agar membantu diet kalian..

Menu Diet saya:
+ Setelah olahraga ringan setiap pagi, saya minum susu rendah kalori dan mandi (dianjurkan agar pencernaan lancar)
+ Siang, saya memakan 1 porsi nasi (min. 1 sendok nasi) plus lauk plus sayur yang banyak dan air putih (jangan terlalu sering minum minuman berwarna karena memperlambat pencernaan)
+ Saya tidak tidur siang karena dapat membuat malas dan menambah timbunan lemak
+ Sebelum jam 7 malam, saya minum jus buah  atau nasi sayur porsi kecil
+ Tidur Sebelum jam 11 malam

Menu Olahraga saya:
Setiap pagi, saya pemanasan ringan dilanjutkan sit up 20x dan push up 20x (dan ditambah 2x setiap hari hingga max 50x)
+ Setiap 3x seminggu saya Cardio (lari-lari) selama 20 menit ditambah Angkat barbel 2 kg masing-masing 20x
+ Setiap 2x seminggu saya berenang dengan min. 20 putaran

Tips: Jika akan menghadiri makan malam, sebaiknya kurangi kalori makan siang dan bagi dengan makan malam. Usahakan jumlah kalori yang kalian asup setiap hari tidak lebih dari 1300kcal.

Bagi yang tidak punya semangat buat diet, saya meyakinkan kalian bahwa badan yang bagus itu bukan demi orang lain, tapi demi diri kalian sendiri. Tidak dapat dipungkiri bahwa kebanyakan orang menilai orang lain dari penampilan luarnya baru menilai hati kalian, jadi jangan pernah merasa cukup dengan hati yang baik. Kebahagiaan saat semua orang mulai memperhatikan kalian, saat baju yang kalian inginkan dapat kalian kenakan dengan pantas, saat semua orang bersikap baik dan semua terlihat mudah bagi kalian, kebahagaian itu tidak dapat digambarkan tapi sangat membuat hati ini lebih senang dari seluruh orang didunia ini.

Jadi, Semangat Ya buat teman-teman yang sedang diet.. ^__^

Nb: Sampai sekarang saya masih menjalankan diet saya (walau tidak se-extrem dulu) karena jika dibiarkan, badan saya bisa mencapai angka mengerikan itu lagi.. hehehehe..

11 thoughts on “Diet Ala Mia

  1. Tamia Triandini says:

    Sekarang saya sudah menambah Jadwal dan menu latihan saya…
    Olahraga (persekali datang):
    – Cardio 20 menit (2x), barbel 2 kg / 80x, barbel kaki depan 15 kg / 60x, kaki belakang 10 kg / 60x, dorong an kaki 30 kg / 60x, dorongan tangan 20 kg / 60x,
    – Sit up 60x, sit up setengah 100x, back up 80x, menaikkan kaki ke atas bergantian 40x..
    – Dilakukan setiap hari selangseling dengan renang (20x putaran)

    Ayo semangat…
    Bisa menambah kekuatan tubuh dan kekencangan juga.. ^^

  2. Syifa says:

    *hasil google soal diet,nyasar ke blog ini*
    Aduh mbaaaak, pengalamannya aku bangeeet T.T
    sejak sibuk kuliah, bnyk begadang, ga smpt olah raga, malah makin melar, hiks..
    Aku nambah 7kg staun ini,ckck.
    Berat badanku yoyo bgt mbak, dlu smpt turun, eeh naek lg, lbh parah malah!
    5bln turun 10kg keren bgt tuh! Tanpa suplemen lg.

    Aku pingin diet jg nh, tp bngung ngatur wkt olah raga, dan yg paling parah MENGHINDARI CEMILAN dikala stress ngerjain tugas -,-a
    *curhat*

    • Tamia Triandini says:

      Hai Syifa…
      Senang nya denger klo blog ku bisa ketem pas di search.. hehehe..
      Sekarang aku juga yoyo banget ni berat badannya tapi paling 1 – 2 kg.. ^o^

      Paling susah emang nahan cemilan.. bahkan aku aja HARUS nyemil klo ngerjain tugas… hahahahahahaha…

      Tapi, aku ngatasi dengan tetap olahraga.. klo misal bingung soal ngatur jadwal olahraga, gampang kok… cari aja waktu luang min 30 menit buat jogging atau situp sebentar.. udh cukup buat mempertahankan bentuk tubuh dan stamina..

      Ayo Semangat… hehe.. ntr kapan-kapan aku share lagi hasilku yg lain…
      Makasih yaaa,…. ^o^b

  3. Syifa says:

    Iya mbak X)
    Saya akan berjuang lg dr awal ><
    Tp skrg ngekost makin susah ngatur makannya -.-a
    hufff.
    pokoknya bulan ini parah bgt deh naiknya T.T
    emang materi kulnya lg susah2nya sih.. #efek stress berat, ngemilnya jd gila2an

    • Tamia Triandini says:

      Hehehehhee… saya juga nie.. gila2an apalagi klo ada produk makanan terbaru.. hahahhaahhaha…
      Tapi berharap ga ada uang (biar sekalian diet) ntr malah merana.. =))

      Ga pp genduttt.. ntr abis kuliahnya ga berat, pasti bisa kurus lagi.. hihihihihi..
      Semangatt!! ^o^b

  4. Syifa says:

    hahaha, bener bgt. Kalo ada produk baru ato ditraktir tmn pasti lgsg lupa diri😄

    Tp kalo dipikir2, mirip loh mbaak. Akhr 2007 *masuk SMA* beratku juga 54, akhir 2009 *akhir kuliah smster 1* tiba2 beratku 68 @,@
    pdhl tinggiku cuma 168cm T.T

    • Tamia Triandini says:

      Iya syifa…
      Syifa kuliah di solo yaa.. aku sering ke solo buat main2 lhoo… hehehe…

      waaahh sama ni.. Aku sekarang sdg mencoba lebh kurus lagi.. hahahahaha..
      Seamangaaattt ^^

  5. syifa says:

    iyaaaa~
    kuliah di solo,padahal gak bisa bahasa jawa XDDD

    aku jg on progress, memulai dr awal. semoga bulan ini sukses. SEMANGAT! \^^/

  6. gaby says:

    artikelnya inspiring, mbak. Hehe. Saya maba ugm nih, baru ptama ngekos kerasa juga pola makannya beda. Masalahnya skrg aku jg skitar 68, ga mau donk klo naik lagi ke depannya😦
    tadi nggoogle kelas yoga gmc malah nyasar kesini, kubaca aja deh. Hehe. Kalo tiap pagi olahraganya jalan ke kampus 20mnit gt boleh ga mbak?😀 aku pulang pergi kampus jalan nih.. Capek klo olahraga lg😦

    • Tamia Triandini says:

      Hehehe,,, Makasih yaaa… ^^
      Tunggu artikel ku tentang ngurusin badan di jadikan Life style yaa..😀
      Makasih juga mau baca, padahal tu post panjang banget.. >_<" hehehe

      Jalan ke kampusnya kok lama banget yaa mpe 20 menit? Kos dimana? ga capek tu? Klo aku pasti malas.. hahaha
      Jalan kaki tu bagus dan hampir sama, tapi tetap beda dengan olahraga rutin.. posisi jalan jg ga spt saat olahraga dan biasanya Habis capek jalan ke kampus, kita pasti makan banyak,
      Klo saranku, Habis sore2 sebelum mandi, cukup sit up atau sit up setengah min 60 kali <– Tiap hari yaa, Olahraga ini ga buat capek kok, tapi buat malas.. hehehe

      Plus, Jalan Kaki 20 menit itu cuma bakar sktar 100kalori (makan potato chips 1 bks udh impas tu kalorinya)😉
      Nah, klo 68 ga mau di turunin tuh beratnya? hehehe.. Diet bareng aja yuk.. pasti mengasyikkan..😀
      By: Queen Bee

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s